Tips Membeli Smartphone
Tips Membeli Smartphone yang Wajib Anda Perhatikan
20 March 2017
harga dan spesifikasi oppo f3 plus
Harga dan Spesifikasi Oppo F3 Plus
24 March 2017

Perbedaan Listrik Prabayar dengan Listrik Pascabayar

listrik prabayar vs pascabayar
 

Di Indonesia ada 2 jenis sistem bayar listrik yang resmi di terapkan oleh Pemerintah melalui PLN (Perusahaan Listrik Negara) yakni Listrik Pascabayar dan Listrik Prabayar.

Sebelumnya perumahaan di Indonesia menggunakan listrik pascabayar sebelum adanya listrik prabayar atau yang dikenal dengan istilah listrik pintar.

Perbedaan listrik prabayar dengan pascabayar

Listrik Pascabayar

Listrik pascabayar adalah listrik yang pembayaran tagihannya pada akhir bulan sesuai dengan energi yang digunakan. Pembayaran listrik pascabayar dapat dilakukan melalui bank, loket pembayaran dengan biaya admin yang dibebankan sebagai biaya jasa pembayaran tagihan listrik. Anda dapat melakukan pembayaran listrik pascabayar melalui Duta Pulsa. Baca : Bayar Listrik PLN Secara Online Melalui Duta Pulsa.

Kelebihan dan kekurangan Listrik Pascabayar

Kelebihan Listrik Pascabayar

  • Listrik selalu tersedia sampai tenggat waktu pembayaran di akhir bulan
  • Tidak repot melakukan isi ulang pulsa listrik / token listrik jika sewaktu-waktu kehabisan listrik

Kelemahan Listrik Pascabayar

  • Pemakaian bisa melampaui batas
  • Bila ada penunggakan listrik akan terdapat denda dan bahkan dipadamkan oleh PLN. Baca: Sanksi Terlambat Bayar Listrik
  • Melanggar privasi, karena petugas PLN kerap masuk ke pekarangan rumah.

Listrik Prabayar

Listrik prabayar adalah listrik yang pembayarannya berada di depan, dengan sistem pulsa. Listrik prabayar juga biasa disebut dengan listrik pintar. Dimana pelanggan dapat mengendalikan pemakaian listrik sendiri. Alat bergainser / meteran listrik pun tidak lagi berbentuk analog, melainkan digital yang dapat Anda gunakan untuk memasukan kode pengisian listrik.

Sistemnya dibuat seperti membeli pulsa prabayar telepon genggam agar dapat memudahkan Anda. Kelebihan lain dari listrik prabayar ini, Anda tidak perlu khawatir akan biaya keterlambatan yang menghantui.

token listrik murah

Token Listrik Murah Duta Pulsa

Kemudian, Anda tidak perlu cemas terkait harga voucher stroom (listrik pintar). Sebab harga bervariasi sesuai dengan kamampuan dan kebutuhan Anda (daya listrik Anda). Mulai dari Rp20.000 – Rp2 juta.

Lalu, apabila ada kenaikan Tarif Daya Listrik (TDL), pada listrik prabayar tidak akan berpengaruh. Maksudnya, kWh yang telah masuk ke meter prabayar tidak ikut naik.

Kelebihan dan Kekurangan Listrik Prabayar

Kelebihan Listrik Prabayar

  • Pelanggan bisa mengontrol pemakaian listrik setiap hari.
  • Pemakaian listrik dapat disesuaikan dengan anggaran belanja.
  • Tidak akan terkena biaya keterlambatan.
  • Jaringan luas pembelian listrik isi ulang, bisa dibeli di loket pembayaran listrik online.
  • Tepat digunakan bagi Anda yang memiliki usaha rumah kontrakan atau kamar sewa (kos).
  • Tidak akan terjadi kesalahan pencatatan meteran listrik oleh petugas.
  • Sistem rahasia, 20 angka digit pulsa listrik hanya bisa diisi ke meteran listrik sendiri, tidak bisa diisikan ke meteran lain.

Kekurangan Listrik Prabayar

  • Jika pulsa listrik habis di waktu yang tidak terduga Anda harus siap voucher cadangan, Bisa saja saat membutuhkan listrik pulsa habis dan listriknya mati. Tetapi ada alarm pemberitahuan ketika listrik tinggal 10 kwh.
  • Sering bermasalah saat akan mengisi ataupun membeli, banyak kasus jaringan internet sedang down, maka Anda harus menunggu sementara listrik di rumah Anda sudah mati.
  • Meteran lebih sensitif dan mudah rusak.

Demikianlah artikel tentang perbedaan dan perbandingan antara listrik prabayar dengan listrik pascabayar. Keduanya saling mempunyai kelebihan dan kekurangan, dan untuk pilihan mana yang terbaik untuk lebih hemat adalah kembali kepada penggunanya dalam menggunakan energi listrik.

Baca Juga:


Comments are closed.

LOGIN