cara cek nomor axis
Cara Cek Nomor Axis
29 March 2017
tentang american express
Kartu Kredit American Express
31 March 2017

Cara Hemat Listrik Paling Ampuh

cara hemat listrik - cara menghemat listrik
 

Cara Hemat Listrik – Dalam berumah tangga biaya pengeluran listrik merupakan biaya yang patut diperhitungkan, bagaimana tidak pengeluaran yang bisa membengkak jika tidak di kontrol dengan baik. Belum lagi kenaikan tarif dasar listrik (TDL) yang berkali-kali mengalami kenaikan.

Listrik adalah kebutuhan primer bagi setiap rumah tangga, jadi sudah pasti anda tidak akan bisa lepas dari yang namanya Bayar Listrik. Listrik yang ditawarkan ada dua jenis berdasarkan pembayarannya, yakni Listrik Pascabayar dan Listrik Prabayar.

Baca: Listrik Prabayar vs Listrik Pascabayar

Bagaimana cara hemat listrik ?

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghemat listrik:

1. Pilih daya listrik sesuai kebutuhan

Tahukah anda bahwa beda daya listrik maka beda pula harga per kWh listriknya? Tentu, untuk golongan daya listrik 450 VA dan 900 VA masih mendapat subsidi dari pemerintah karena diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu.

Artinya setiap pembelian pulsa listrik golongan daya listrik 450 VA atau 900 VA akan mendapat jumlah kWh listrik yang lebih banyak daripada golongan daya listrik 1300 VA, 2200 VA, 3500 VA, dan seterusnya. Jadi perkirakan dulu berapa daya listrik yang anda butuhkan untuk pemakaian sehari-sehari.

2. Gunakan listrik prabayar

listrik prabayar vs pascabayar

Listrik prabayar menjadi alternatif bagi anda yang tidak bisa mengontrol penggunaan listrik. Dengan listrik prabayar anda bisa mengontrol token listrik  nominal tertentu, berdasarkan beberapa testimonial pengguna listrik prabayar mampu menghemat listrik secara signifikan.

Token listrik hemat dengan membeli di Duta Pulsa, cek daftar harga token listrik kami dengan harga yang biasa anda beli.
Daftar harga token listrik

3. Gunakan lampu rumah dengan lampu berjenis LED

hemat listrik dengan lampu led

Saat ini sudah banyak produsen lampu yang memproduksi lampu jenis Light Emitting Dioda atau LED. Lampu jenis LED memiliki keunggulan lebih hemat energi, lebih terang, tidak panas, menghasilkan warna benda yang natural, dan lebih tahan lama.

Artinya dengan daya listrik yang rendah, lampu LED mengeluarkan cahaya lebih terang setara lampu lain dengan daya listrik lebih besar. Misalnya untuk kamar mandi atau kamar tidur kecil, lampu LED daya 3 watt sudah mencukupi kebutuhan penerangannya. Untuk ruangan lebih besar, Anda bisa memakai lampu LED berdaya lebih besar seperti 4 watt, 5 watt, dan seterusnya.

4. Gunakan TV LED dengan Fitur Hemat Energi

TV LED Solusi Hemat Listrik

Mungkin sudah saatnya anda memikirkan untung mengganti TV lama anda (TV Tabung / TV CRT) ke TV LED, terlebih TV LED dengan fitur hemat energi yang sangat banyak di tawarkan produsen TV saat ini.

Perbandingan daya listrik TV tabung atau TV LCD dengan TV LED sangat jauh. Jika TV tabung atau LCD ukuran 32 inchi menggunakan daya hingga 100 watt atau bahkan lebih maka TV LED 32 inchi hanya membutuhkan daya listrik 40-50 watt saja. Bahkan jika fitur hemat listrik atau Eco diaktifkan, daya listrik akan lebih hemat hingga separuhnya menjadi 20-25 watt saja.

5. Gunakan AC hemat listrik dengan daya sesuai kebutuhan

cara ampuh hemat listrik

Cara hemat listrik satu ini paling banyak efeknya yakni penggunaan AC. Di kota-kota besar yang bersuhu udara panas, hampir setiap rumah menggunakan pendingin udara atau AC. Pastikan anda memilih sumber daya AC sesuai volume ruangan dan mempergunakan seperlunya. AC dengan daya ½ hingga ¾ PK akan menghasilkan kesejukan sekitar 5.000-7.000 BTU/h yang sesuai untuk ruangan kamar tidur.

Sementara AC berdaya 1-1,5 PK akan menghasilkan daya 9.000-12.000 BTU/h yang cocok untuk ruang tamu yang lebih luas. Semakin besar dayanya semakin besar pula pemakaian listriknya.

Pastikan pula memilih AC yang memiliki fitur hemat listrik. AC 1 PK tanpa fitur hemat listrik bisa membutuhkan konsumsi listrik hingga 600-700 watt. Sementara AC dengan fitur hemat listrik diaktifkan hanya memakai daya 260 watt saja.

6. Gunakan pengering mesin cuci bila tidak ada terik matahari

cara hemat listrik tanpa pengering pakaian

Sinar matahari di Indonesia di musim kemarau sangatlah cukup untuk mengeringkan pakaian dalam hitungan jam, hanya 2-3 jam saja pakaian akan kering sempurna di saat terik matahari.

Jadi fikirkan lagi untuk menggunakan pengering mesin cuci saat terik matahari khususnya di musim kemarau

7. Gunakan setrika hemat listrik

Setrika Hemat Listrik

Kegiatan menyetrika baju juga lazim dilakukan hampir setiap hari. Jadi, sebaiknya anda gunakan setrika yang hemat listrik juga. Pilihlah yang memiliki fitur kontrol suhu otomatis yang bisa menghemat listrik.

Memang setrika klasik lebih tahan lama, namun konsumsi listriknya lebih boros karena tanpa fitur kontrol suhu otomatis. Pilihlah setrika dengan merek yang sudah ternama agar lebih awet sekaligus hemat listrik.

8. Cabut steker dari colokan jika tak digunakan

Hemat Listrik dengan Cabut Steker

Kebanyakan orang membiarkan steker menancap di stop kontak, padahal sudah tidak digunakan. Pastikan Anda mencabut steker peralatan listrik apapun termasuk charger ponsel yang sudah tidak digunakan. Hal ini juga sedikit banyak akan mengurangi konsumsi listrik anda.

Demikianlah 8 cara hemat listrik, semoga dapat bermanfaat dan menurunkan konsumsi listrik anda sehingga lebih hemat dalam pengeluaran bayar listrik.

 


Baca Juga:


Comments are closed.

LOGIN